Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Followers

Powered By Blogger

jam

Bruno Mars - Just The Way You Are

Selasa, 23 November 2010

Panduan Etiket untuk Jaringan Sosial

Panduan Etiket untuk Jaringan Sosial


Sama dengan dunia tempat tinggal kita pada saat ini, internet juga memiliki aturan-aturan yang bermunculan di tiap-tiap komunitas online ataupun jaringan sosial yang terbentuk. Kebanyakan aturan-aturan ini diambil dari common-sense yang kita semua rasakan dan lalu dibakukan pada masing-masing komunitas.

Apa yang akan terjadi jika Anda tidak mengikuti aturan/panduan yang disepakati oleh komunitas online atau jaringan sosial yang Anda ikuti? Paling sedikit Anda akan dikucilkan dan yang paling parah reputasi dan social capital Anda akan jadi buruk. Saya yakin Anda tidak ingin itu terjadi.

Setelah mencoba mempelajari dari beberapa produk-produk online berbasis komunitas dan juga dari beberapa buku, saya mendapati dua situs yang dirangkum dalam buku yang ditulis oleh Tina Bettison yang berjudul Social Networking For Rookies, yaitu Badoo dan CafeMom adalah situs-situs yang menyajikan panduan komunitas paling jelas. Dan jika dirangkum maka ada 12 poin panduan yang akan saya coba tampilkan kembali di sini.

1. Hargai anggota komunitas lainnya

Komunitas online ataupun jaringan sosial biasanya terdiri dari pengguna internet yang memiliki latar belakang yang beragam walaupun mereka berkumpul dengan ikatan tertentu. Dalam kondisi seperti ini maka sikap saling menghargai satu sama lain menjadi prioritas utama. Perlakukan orang lain seperti Anda sedang saling berhadapan dengan orang tersebut. Anda boleh berargumentasi dengan orang lain, bahkan sebenarnya justru diskusi dan berdebat banyak diharapkan di situs komunitas online. Tapi kadang-kadang diskusi yang sehat berubah menjadi perkelahian yang makin panas dan ujung-ujungnya flame war. Jika ini yang terjadi, jangan ikut memperkeruh suasana dengan ikutan mengomentari. Segera laporkan pada administrator ataupun moderator komunitas online tersebut agar bisa diambil tindakan yang tepat.

2. Jangan melecehkan atau menyerang orang lain secara pribadi

Bila diskusi memanas, kadang Anda jadi tergoda untuk berhenti mendiskusikan topik yang sedang dibicarakan lalu mulai membicarakan orang-orang tertentu yang tidak sependapat dengan Anda. Hindari ini. Bila ingin mengungkapkan perasaan Anda terhadap orang-orang tertentu dalam komunitas online, lakukan tanpa menyebutkan nama orang-orang tersebut.

3. Tidak boleh ada kefanatikan dan stereotip

Penghinaan, pernyataan kebencian, dan serangan yang ditujukan pada ras, warna kulit, agama, kebangsaan, kecacatan dan orientasi seks tidak bisa ditoleransi pada komunitas online ataupun jaringan sosial. Bila ini terjadi maka administrator ataupun moderator harus mengambil tindakan tegas. Bila ingin komunitas online Anda jadi tempat yang nyaman buat siapa saja, maka Anda mesti bisa menjaminnya dengan menjaganya.

4. Tidak boleh berkomplot.

Anda bisa saja tidak suka dengan salah satu anggota, tapi Anda tidak boleh melecehkan orang lain atau mengajak orang lain untuk melecehkan orang yang tidak Anda sukai secara bersama-sama.

5. Jangan melontarkan sesuatu bila tidak siap menghadapi reaksi yang akan timbul

Bila Anda ingin menyampaikan sesuatu yang kontroversial, bersiaplah untuk menghadapi penolakan dari anggota lain terhadap Anda ataupun ide-ide Anda. Selalu memperkirakan apa yang akan terjadi sebelum melontarkan sesuatu ke komunitas. Jika kira-kira Anda merasa tidak akan bisa menerima reaksi negatif ataupun penolakan dari anggota komunitas lainnya, maka ada baiknya Anda membatalkan niat Anda untuk mempostkannya ke publik.

6. Jaga agar tetap bersih

Hargailah perasaan orang lain ketika berniat untuk memposkan konten-konten yang mengandung muatan yang masuk dalam kategori dewasa (bisa topiknya ataupun cara Anda membicarakannya). Tetap lebih aman jika Anda memodifikasinya agar tidak menimbulkan masalah.

7. Jagalah foto yang Anda gunakan

Selalu gunakan foto-foto atau video-video Anda sendiri. Kebanyakan situs memperlakukan hak cipta dengan serius. Jangan mempos kan foto-foto ataupun video-video yang haknya tidak Anda miliki. Juga jangan memposkan foto-foto atau video-video yang bermuatan pornografi. Ada benang tipis yang memisahkan antara foto seksi dan foto soft-porn. Bila hal ini akan mengundang perhatian publik yang tidak Anda harapkan, maka lebih baik hal ini tidak dilakukan. Tapi bila memang Anda ingin menarik perhatian publik, maka ada baiknya ini dilakukan di tempat yang lebih cocok.

8. Tetap memperhatikan hukum yang berlaku

Jangan melakukan tindakan kriminal, ilegal ataupun imoral atau mendorong orang lain untuk melakukan tindakan-tindakan tersebut. Tindakan melawan hukum di internet akan mudah terekspos dan akan dengan mudah pula berbalik mengejar Anda. Jadi pikirkan baik-baik jika Anda mulai beresiko melakukan tindakan-tindakan melawan hukum di komunitas online ataupun jaringan sosial yang Anda ikuti.

9. No spam

Jangan mengirimkan spam, dan jangan mengirimkan pesan yang merupakan’copy-paste’ dari orang lain. Bila Anda ingin mengirimkan pesan pada orang lain, tulislah sendiri secara personal.

10. Jangan menjual sesuatu

Jangan mencoba menjual sesuatu, apakah itu produk, situs ataupun mempromosikan diri sendiri di sebuah komunitas online atau jaringan sosial kecuali bila secara terbuka diijinkan. Lakukankan di tempat-tempat yang memang disediakan untuk berpromo.

Promosi biasanya diperbolehkan pada halaman profil pribadi masing-masing anggota, pada areal yang disebut dengan ‘marketplace’, pada grup yang memperbolehkan adanya advertising dan promosi, dan juga pada pesan yang dikirimkan karena permintaan secara jelas.

11. Hati-hati dengan data-data pribadi

Jangan berbagi data-data pribadi pada orang lain kecuali Anda yakin akan keamanannya, terutama alamat dan nomer telpon. Hubungan pada dunia online tidak sama dengan hubungan tatap-muka pada dunia nyata dimana Anda bisa merasakannya secara langsung apakah seseorang bisa dipercaya atau tidak. Jadi sebaiknya mulailah mawas diri.

12. Jangan berbagi sesuatu yang sifatnya privat

Jangan berbagi informasi tentang orang lain. Jangan mere-post pesan dari private group ke publik. Bila Anda mendapati informasi yang dipos pada private group, anggap saja informasi tersebut diinginkan tetap ada ditempatnya tanpa campur tangan kita semua.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar